Tutorial SketchUp Bahasa Indonesia

Belajar SketchUp disisni : sketchuplayout.com

Cara Menciptakan Shortcut Sendiri Di Sketchup

Assalamu alaikum.

Untuk mendukung efisiensi dalam bekerja, Sketcup telah menyediakan kemudahan berupa shortcut untuk mewakili perintah perintah yang sering kita gunakan. Umunya beberapa perintah sudah mempunyai shortcutnya sendiri, ibarat Line berupa “L” dan Rectangle berupa “R”.

Namun, alasannya ialah faktor kenyamanan, saya langsung mengganti sendiri beberapa shortcut untuk perintah yang sering dipakai sesuai keinginan. Salah satu misalnya ialah perintah delete. Untuk melakukannya, teman sanggup mengikuti tutorial di bawah.

Membuat Shortcut Baru


  • Klik hidangan Window > Preferences


  • Pilih tab Shortcut


  • Disini saya akan menciptakan shortcut untuk perintah Hide (Fungsi : untuk menyembunyikan objek sementara) carilah perintah Edit/Hide pada kolom function.


  • Ketikkan Shortcut yang diinginkan pada kolom Add Shortcut (Disini saya menentukan abjad D) kemudian klik tanda plus (+)


  • Shortcut tadi kemudian akan muncul di kolom Assigned kemudian klik OK.

Mengganti Shortcut di SketchUp


Untuk cara mengganti shortcut, saya memakai perintah hide sebagai contoh.

Caranya sama ibarat cara pertama, tetapi di cara ini teman sanggup menentukan untuk mengganti atau sekedar menambahkan shortcut.

  • Untuk menambahkan, teman hanya perlu menambah shortcut di kolom Add shortcut (lalu klik tanda +) kemudia klik OK.


  • Untuk mengganti shortcut, teman tinggal menentukan shortcut yang akan dihapus, kemudian klik tanda minus (-) di samping kolom assigned kemudian klik OK.


Sekarang shortcut teman sudah siap dipakai untuk mendukung aktifitas mendesain sobat. Semoga artikel ini bermanfaat dan selamat belajar.

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Cara Menciptakan Shortcut Sendiri Di Sketchup"

Posting Komentar