Tutorial SketchUp Bahasa Indonesia

Belajar SketchUp disisni : sketchuplayout.com

Berkenalan Dengan Struktur Dan Konstruksi Bangunan 4 (Skb Iv)


Assalamu alaikum. Saya kembali menyapa sobat semua lewat goresan pena berisi mata kuliah jurusan arsitektur. Kali ini aku mau dongeng ihwal SKB 4.

Yep, di semester 5 ini  aku sudah memasuki SKB 4 alias SKB terakhir dari rangkaian SKB yang dimulai semenjak semester 2 kemudian yaitu SKB 1. Bagi kau yang belum tau apa itu SKB, SKB ini yakni salah satu mata kuliah inti di jurusan arsitektur yang fokus pada pembahasan ihwal struktur bangunan.

Di SKB 1 pembahasannya masih berupa struktur bangunan sederhana berupa satu lantai. di SKB 2 ihwal bangunan 2 lantai, SKB 3 ihwal bangunan berlantai banyak alias high rise building, sementara di SKB terakhir atau 4 ini membahas ihwal bangunan bentang lebar.

contoh bangunan bentang lebar
Di SKB 3 kemarin aku menerima kiprah untuk menciptakan bangunan apartemen 8 lantai, sementara di SKB 4 ini kami diberi kebebasan untuk menentukan tema bangunan yang akan dibuat. Nah untuk bangunan bentang lebar aku menentukan menciptakan museum pesawat terbang dengan sistem struktur space frame.

Adapun bangunan bentang lebar yang dipilih oleh sahabat sahabat aku diataranya yakni stadium sepak bola, gor bulutangkis, museum seni, museum budaya, showroom, theater, dan masih banyak lagi.

Bagi kau yang belum tau tentang  bentang lebar, bisa melihat gambar di bawah ini. Singkatnya, bangunan bentang lebar yakni bangunan yang memungkinkan penggunaan ruang bebas kolom yang besar.

ruang bebas kolom yang luas
contoh bangunan bentang lebar
contoh lain
Maksud dari pengertian ini yakni bentang lebar harus mempunyai ruang bebas kolom (tiang bangunan) atau jarak antar kolom yang besar, minimal sejauh 20 meter. Berbeda dengan bangunan berlantai banyak atau high rise building yang maksimal jarak antar kolomnya yakni 7.2 meter.

Karena memungkinkan penggunaan ruang bebas kolom yang besar, bangunan bentang lebar biasanya dipakai untuk fungsi bangunan yang membutuhkan ruang yang besar, ibarat museum pesawat terbang, theater, dan lain sebagainya.

Di SKB 4 ini kami lalui dengan banyak presentasi setiap minggunya yang mulai dari konsep, denah, dan kini telah memasuki belahan bangunan. berikut yakni beberapa foto suasana ketika presenasi yang berlangsung di Lab Perancangan Digital.





Jika kalian bertanya mata kuliah apa yang paling berat di jurusan arsitektur, maka jawabannya yakni SPA dan SKB.  Banyak sekali mahasiswa yang gagal di dua mata kuliah ini sehingga harus mengulang di tahun berikutnya.

Kedua mata kuliah ini juga mempunyai nilai sks yang tinggi, yaitu sama sama 4. Apa artinya? Artinya yakni nilai mata kuliah ini sangat besar lengan berkuasa pada IPK semester sobat. Jika nilai skb dan spamu bagus, maka IPK semestermu niscaya akan tertolong. Begitupun sebaliknya.

Kunci untuk bisa sukses di dua mata kuliah ini yakni ketekunan dan konsistensi. Tekun dalam mempelajari literatur dan konsisten dalam mengerjakan tugasnya yang tidak mengecewakan banyak.

Sebenarnya dua mata kuliah ini sangat seru. Disinilah kemampuan merancang kalian diasah dan kalian diberi kebebasan yang besar dalam mendesain bangunan. Di mata kuliah ini kalian bisa menuangkan semua ilham dan gagasan kalian dalam bentuk desain. Oleh alasannya itu, seriuslah dalam menjalani mata kuliah ini nanti.

Baiklah, Itulah sedikit citra mengenai SKB 4, supaya bermanfaat.

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Berkenalan Dengan Struktur Dan Konstruksi Bangunan 4 (Skb Iv)"

Posting Komentar