Tutorial SketchUp Bahasa Indonesia

Belajar SketchUp disisni : sketchuplayout.com

(Lanjutan) Mata Kuliah Semester Pertama Arsitektur

Postingan ini ialah kelanjutan dari postingan sebelumnya. Check this out..


6. MEKANIKA TEKNIK

Ukhm, berbicara ihwal mekanika teknik alias mektek, mata kuliah ini sanggup di katakan sebagai momok bagi sebagian besar mahasiswa arsitektur. Pasalnya, mata kuliah yang berisi ilmu fisika ini di anggap sangat rumit dengan bermacam perhitungan dan gugusan rumus yang tidak mengecewakan menambah kadar kegalauan mahasiswa. Hal ini terbukti dengan nilai yang di peroleh mahasiswa arsitektur tiap angkatanya. 

Dosen saya pernah berkata pada pertemuan bahwa tiap tahunya, mahasiswa yang menerima nilai A di mata kuliah ini paling banyak hanya 2 atau 3 orang. sisanya sebagian B, dan mayorita ialah C serta beberapa nilai D. Dan ucapan dosen tersebut terbukti ketika nilai kami keluar.

Mata kuliah ini memerlukan ketekunan dalam berlatih mengerjakan soal, serta ketelitian dan keahlian dalam memakai penggaris. Penggaris yang dipakai dalam mata kuliah ini berupa busur, dan sepasang penggaris segitiga.

Jadi dalam mengerjakan soal, selain memakai rumus kita juga diminta untuk memakai cara grafis, yaitu dengan memakai penggaris. Untuk cara grafis ini, ketepatan menggaris ialah harga mati. Kesalahan sedikit saja sanggup menciptakan pekerjaan kita salah.

Yang menyenangkan dari mata kuliah ini ialah setiap soal yang kita kerjakan sanggup di uji sendiri kebenaranya dengan mencocokan hasil dari rumus dan secara grafis. Saat keduanya sama, ketika itulah anda niscaya mencicipi keasyikan mata kuliah ini.

Materi yang di pelajari di MK ini berupa resultan gaya, titik berat, perletakan, dan lain lain. Intinya, yang di pelajari ialah gaya. Bukan gaya busana apalagi gaya berjalan ya sobat, tapi Gaya dalam ilmu fisika.

Tips untuk mata kuliah ini ialah perhatikan dengan teliti ketika dosen menjelaskan serta sering seringlah bertanya kepada teman  yang dianggap menguasai mata kuliah ini. Dan yang paling utama ialah BERLATIH!. Ada pepatah mengatakan, “bisa alasannya ialah biasa”. Nah, pepeatah itu juga berlaku untuk mata kuliah ini.


7. BAHAN DAN MATERIAL BANGUNAN

Mata kuliah yang disingkat BMB ini mempelajari ihwal materi bahan serta material penyusun suatu bangunan, mulai dari semen, pasir, batu, bata, kayu dan masih banyak lagi. Intinya, di mata kuliah ini membahas segala sesuatu yang menusun suatu bangunan, termasuk pula bab exterior, menyerupai taman,gazebo,pagar, dan sebagainya

Di mata kuliah ini kami diberi kiprah makalah ihwal materi dan material penyusun bangunan, mulai dari pondasi hingga atap. Nanti saya akan upload makalah saya di postingan selanjutnya.

Di final pertemuan, kami menerima kiprah final menciptakan bata dan plank. Kelmpok saya ketika itu menerima kiprah menciptakan bata ringan. Bata ringan ini mempunyai beberapa kelebihan di banding kerikil bata dan batako, meskipun mempunyai harga yang relative lebih mahal.

Saran saya mengenai mata kuliah ini ialah dengan serajin mungkin browsing mengenai materi dan material bangunan lewat internet dan teknologi tebaru yang di gunakan.

8. AGAMA

Oke, selanjutnya ada mata kuliah umum yang hukumnya fardu ain di pelajari oleh semua jurusan. Sesuai namanya, MK ini mempelajari ihwal ilmu agama. Hampir tiap tahun mata kuliah ini menugaskan mahasiswanya untuk menciptakan makalah tata cara bersuci dan shalat disertai dengan goresan pena arabnya.

Sekedar mengingatkan, kalau mata kuliah ini tidak pernah memberi kiprah makalah dengan cara ketik komputer, tetapi selalu goresan pena tangan. Alasanya alasannya ialah dengan menulis memakai tangan, kita akan terhindar dari praktek copy paste yang sudah membudaya bagi mahasiswa.

Pernah ketika itu kami diberi kiprah menciptakan makalah ihwal perbedaan ideology Kapitslisme, Sosialisme dan Islam sebanyak 30 lembar pembahasan.

Karena menganggap remeh, saya mulai mengerjakan ketika h-2 pengumpulan tugas. Hasilnya, saya dan sebagian sahabat keteteran dan hampir terlambat menyetor. Dan rasanya sangat tidak lezat mengerjakan kiprah di menit menit akhir. Jadi, jangan pernah mencoba menunda untuk mengerjakan kiprah MK ini dan MK lainnya.

9. ESTETIKA BENTUK

Dari namanya, sudah terang dong yah apa yang di pelajari di mata kuliah ini. Yap, ihwal keindahan atau estetika dari bentuk, baik bentuk dua dimensi maupun tiga dimensi.

Mata kuliah ini bertujuan untuk merangsang jiwa seni  para calon arsitek serta memahami makna atau filosofi  keindahan, yang natinya sanggup di aplikasikan ketika merancang sebuah bangunan.  Kita juga di beri pemahaman mengenai unsur unsur dari estetika itu sendiri.

Bagi saya, Mata kuliah ini ialah salah satu mata kuliah yang paling menarik di arsitektur. Di mata kuliah ini kita benar benar di beri kesempatn menuangkan kreativitas kita dalam sebuah karya dua dimensi maupun tiga dimensi, atau istilahnya dwimatra dan trimatra. Berikut ialah beberapa kiprah yang pernah kami buat.

tugas saya ihwal dwimatra

tugas siluet komposisi Lala

10. BAHASA INDONESIA

Yang terakhir ada mata kuliah umum, bahasa Indonesia. Materinya merupakan kelanjutan maupun pengulanan dari materi yang di ajarkan di SMA. Di mata kuliah ini kiprah yang di berikan sanggup  berupa menulis surat dinas dan aneka macam makalah.

oke, itulah sedikit citra mengenai  mata kuliah yang akan kalian pelajari di semester petama jikalau kalian kuliah di jurusan arsitektur, terutama di UHO. Tugas kiprah yang di berikan sanggup berbeda bagi setiap dosen, tapi tidak akan terlalu jauh berbeda kok. Di semester pertama ini kita belum mendesain bangunan. Belajarnya bertahap, dimulai dari hal hal dasar dulu, tidak pribadi mendesain bangunan.

Sekian untuk artikel ini, I’m looking forward to seeing you in my next post. Daah…


Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "(Lanjutan) Mata Kuliah Semester Pertama Arsitektur"

Posting Komentar