Tutorial SketchUp Bahasa Indonesia

Belajar SketchUp disisni : sketchuplayout.com

Mata Kuliah Semester 1 Jurusan Arsitektur

Assalamu alaikum warahmatullahi wabarakatuh

Sesuai kesepakatan saya di awal, di postingan  ini saya akan memaparkan mata kuliah (MK) yang di pelajari di semester awal jurusan arsitektur. Karena saya ialah mahasiswa arsitektur dari Universitas Terluas di Indonesia Timur- Uiversitas Haluoleo, maka mata kuliah ini ialah yang saya pelajari selama kuliah di semester awal jurusan arsitektur UHO. Mungkin mata kuliahnya  agak berbeda dengan universitas lain, tapi secara garis besar niscaya sama kok.

            Sebelumnya, saya ingin sedikit bercerita kepada kalian, alasan saya tertarik untuk menciptakan blog bertema arsitektur ini. Pertama, berkaca dari pengalaman eksklusif saya sendiri yang dulu galau dengan jurusan yang akan di ambil ketika kuliah. Sehingga isu perihal jurusan yang mungkin ingin di ambil ketika kuliah nanti sangat dibutuhkan. Maka, di sini saya ingin memberi sedikit isu yang saya ketahui mengenai jurusan ini, dalam kapasitas saya sebagai  mahasiswa semester 2 tentunya. 

              selain itu, alasan saya menciptakan blog ini sebab terinspirasi oleh blog yang dibentuk oleh senior saya, alamatnya www.prince-g-syafrian.blogspot.com . sliahkan mengunjungi blog tersebut untuk menerima ilmu yang lebih banyak lagi. Blog itu pula yang pernah saya buka ketika Sekolah Menengan Atas dulu, dan saya tidak mengecewakan terbantu dan menerima sedikit citra perihal perkuliahan di arsitektur dengan posting-postingan yang telah dipublikasikannya.

Baik, mungkin sudah cukup intermezzonya, mari kita kupas mata kuliah di semester pertama jurusan S1 teknik arsitektur UHO.




Baca Juga : 7 Hal yang Perlu Kamu Lakukan Sebelum Kuliah di Arsitekur

1.      DASAR KOMPUTER
 Yang pertama ialah mata kuliah DASKOM a.k.a dasar Komputer. Dari namanya undah tertangkap lembap kan apa yang di pelajari di mata kuliah ini? Mata kuliah ini mempalajari perihal Komputer, mulai dari hardware hingga softwarenya. Dari mata kuliah ini saya kesudahannya tau apa itu ati radeon, nvidia, processor i3,i5,dan i7, Dan Lain sebagainya. 

Di mata kuliah ini kita mempelajari perihal beberapa aplikasi yang umum digunakan, mulai dari MS. Word,Excell,Power Point, dan beberapa aplikasi grafis, menyerupai CorelDRAW, GIMP, Photoshop  dan Adobe Ilustator. Untuk semester pertama, kita memang belum di ajarkan mengenai apliakasi khusus arsitek, sebab aplikasi itu nanti akan di pelajari pada semester tiga. Untuk kiprah final, kami diberi kiprah menciptakan infografis perihal lingkungan atau arsitektur. 

Saya kebagian kiprah mebuat dengan aplikasi CorelDRAW, beserta tutorial dari aplikasi tersebut. Bermodalakan tutorial,saya mulai menciptakan sebuah infografis perihal lingkunngan, waktu yang di berikn dosen ketika itu kurang lebih dua minggu, disertai asistensi kiprah oleh dosen. ketika asistensi,  Gambar pertama saya dinilai terlalu kekanak kanakan oleh dosen. Meski sempat down ketika di kritik, tapi sehabis dipikir lagi memang benar, kalau gambar saya terlalu ke kanak kanakan. Maka saya merubah total gambar yang telah saya buat tadi menjadi gambar yang berbeda. Ini penampakan dari gambar yang saya kumpul. Gambar pertama tidak perlu saya tampilkan. Biarlah itu menjadi kenang kenangan saya sendiri.

  
Berkat gambar ini, nilai daskom saya tidak mengecewakan memuaskan J (padahal nggak ada yang tanya). Oh iya,infografis tersebut saya buat memakai CorelDRAW X7.

Baca : Aplikasi Komputer yang Wajib Dikuasai Mahasiswa Arsitektur
  Baca : Memilih Laptop untuk Mahasiswa Arsitektur

2.      GAMBAR ARSITEKTUR 1

Yang kedua ada gambar arsitektur 1 atau biasa disebut GA1. Ini termasuk mata kuliah yang utama bagi calon arsitek, sebab di mata kuliah ini kita di ajarkan cara menggambar. Bagi kalian yang merasa tidak terlalu arif menggambar, hening aja. Di mata kuliah ini yang di gambar itu dimulai hal hal dasar dulu kok. Di mulai dengan menciptakan garis lurus, baik itu vertical, horizontal, maupun diagonal tanpa penggaris atau istlah kerenya freehand. Lalu dilanjutkan dengan garis putus putus, garis tebal dan garis tipis.

Sekali lagi, jangan khawatir kalau kau ndeso menggambar. Seiring dengan berjalannya waktu, kemampuan menggambarmu niscaya meningkat. Tentunya harus dibarengi dengan latihan yang rutin dan intensif..

Setelah menggambar garis, kami mulai di tugaskan menggambar tampak bangunan sederhana, mulai tampak depan, samping maupun atas. Gambar bangunanya masih sangat sederhana, belum terlalu rumit. Selanjutnya kami diberi kiprah menggambar komponen-komponen dari bangunan. Komponen itu mencakup manusia, pohon dan kendaraan.

Di kiprah final, kelas kami menerima kiprah untuk memalsukan gambar yang telah di tentukan sebanyak 5 lembar. Untuk kiprah yang satu ini, saya hampir tidak tidur semalaman. Dan paginya pun masih belum selesai. Wajar sih, sebab waktu yang diberikan hanya sehari.




3.      KALKULUS

Kalkulus, atau bisa di sebut sebagai matematika ada di urutan ketiga. Mungkin saya tidak perlu banyak menjelaskan mengenai mata kulah ini. Materinya ialah kelanjutan dari matematika di SMA, menyerupai turunan, himpunan, diferensial, fungsi hiperbolic dan lain sebagainya. Intinya, rajin rajinlah mencakar di mata kuliah ini.

Hal yang menarik ketika saya mengikuti mata kulah ini ialah kebijakan yang diberikan dosen. Di setiap pertemuan, dosen akan memperlihatkan soal kuis. Bagi mahasiswa yang sanggup menjawab soal tersebut, maka mahasiswa itu akan dibebaskan dari final.

4.      PANCASILA

Di urutan ke empat ada mata kuliah umum. Mata kuliah pancasila  ini wajib hukumnya di pelajari  hampir di semua jurusan.  Sesuai namanya, mata kuliah ini mempelajari perihal ideologi resmi bangsa kita, yaitu pancasila.

Mata kuliah ini diisi oleh dosen yang sama dengan mata kuliah Pkn. Di mata kuliah ini dosen biasanya memberi kiprah makalah mengenai materi yang dipelajari dan kemudian di diskusikan.

5.      PENDIDIKAN KEWARGANEGARAAN

Masih perihal mata kuliah umum, mata kuliah pkn. Materi dari mata kuliah ini niscaya sering kita sanggup ketika di sekolah. Di jenjang perkuliahan,yang di pelajari tidak jauh berbeda dengan SMA, hanya saja pembahasnya lebih medalam. Sama menyerupai mata kuliah Pancasila, biasanya mata kuliah ini diisi dengan aktivitas diskusi kelompok.

Materi yang dipelajari berupa HAM, Hak dan Kewajiban warga Negara, Kependudukan, wawasan nusantara dan lain sebagainya. Rajin rajinlah bertanya kepada dosen kalau ada hal-hal yang mengganjal di benakmu. Bagi saya,  mata kuliah ini tidak mengecewakan menyenagkan untuk diikuti.
***** 
 Untuk menambah pemahaman kau perihal dunia arsitektur, kau bisa tonton video di youtube berjudul 24 jam arsitektur. Di video itu dijelaskan mengenai apa itu arsitektur dan bagaimana dunia kerja arsitek. Video ini sebelumnya disarankan oleh senior saya, dan sehabis menonton video itu, saya jadi sedikit tau mengenai kehidupan mahasiswa arsitektur. So, this is a very recommended video.Kamu bisa liat Di Sini
Baik, cukup segini dulu,  untuk melihat kelanjutanya kau bisa lihat di postingan selanjutnya Sini 

Update Agustus 2018




Pergantian ketua jurusan Arsitektur membawa perubahan yang bukan hanya pada pemimpin jurusan yang bernaung di Fakultas teknik ini. Perubahan juga terjadi pada kurikulum yang berdampak pada susunan mata kuliah.

Sebelumnya mata kuliah semester pertama terdiri dari :

1. Pancasila
2. Kewarganegaraan
3. Agama
4. Kalkulus
5. Mekanika Teknik
6. Gambar Arsitektur 1
7. Estetika Bentuk
8. Bahasa Indonesia
9. Dasar Komputer
10. Bahan dan Material Bangunan

Pada kurikulum yang baru, susunan mata kuliah semester 1 menjadi :

1. Pancasila
2. Ilmu Lingkungan
3. Kewarganegaraan
4. Agama
5. Gambar Arsitektur 1
6. Estetika Bentuk
7. Bahasa Indonesia
8. Bahan dan Material Bangunan
9. Teknologi Informasi
10. Bahasa Inggris Teknik
11. Pengantar Arsitketur
12. Mekanika bangunan




Perubahan kurikulum ini diperlukan sanggup memperbaiki beberapa kekurangan yang ada pada kurikulum sebelumnya. Jujur agak kaget dengan kebijakan ini. Banyak mata kuliah yang berganti posisi semester dan berubah nama serta SKS.

Tapi tenang, untuk kau yang gres masuk di jurusan ini tidak akan menemui persoalan berarti. Berbeda dengan angkata usang yang harus menyesuiakan lagi nilai mata kuliah sebelumnya terhadap mata kuliah baru.

Di semester ini mata kuliah mekanika teknik dihilangkan dan diganti dengan mekanika bangunan yang sebelumnya dipelajari di semester 2. Saya sangat kaget dengan hilangnya mata kuliah ini. Untuk sanggup nilai manis di kelas ini sangat sulit, dan kesudahannya nilainya terbuang sia sia.

Jumlah mata kuliah juga mengalami peningkatan. Peningkatan ini tentu akan membuatmu lebih sibuk di semester ini. Kaprikornus harus arif pandai mengatur waktu.

Apapun itu, tetap semangat kalau kau ingin kuliah di jurusan ini. Banyak kejutan kejutan yang tidak pernah kau dapatkan di bngku sekolah sebelumnya.

Salam arsitektur.

Baca juga : Mengenal Arsitek Terkenal di Dunia

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Mata Kuliah Semester 1 Jurusan Arsitektur"

Posting Komentar