Tutorial SketchUp Bahasa Indonesia

Belajar SketchUp disisni : sketchuplayout.com

Mata Kuliah Semester 3 Arsitektur Uho

Kali ini saya akan kembali mereview mata kuliah yang telah saya lalui dalam perkuliahan Ar Mata Kuliah Semester 3 Arsitektur UHO
Credit : architecture.unl.edu
Kali ini saya akan kembali mereview mata kuliah yang telah saya lalui dalam perkuliahan Arsitektur UHO di semester tiga lalu. Semester ini bisa dikatakan ialah semester dimana kalian mulai fokus ke mata kuliah inti dari Arsitektur, yang ditandai dengan dimulainya Studio Perancangan Arsitektur 1.

Berbeda dengan dua semester sebelumnya, di semester 3 ini kau sudah mulai bisa mengambil mata kuliah bersama senior jikalau menerima sks penuh (24 sks). Jumlah sks yang dibutuhkan untuk semester ini hanya 22 sks. Oleh alasannya ialah itu 2 sks yang tersisa sanggup kau manfaatkan untuk mengambil mata kuliah diluar semester 3, atau tepatnya semester 5.

Apa sajakah mata kuliah yang dipelajari ? Berikut pemaparannya

1.    Hukum pranata pembangunan.

Kita mulai dari mata kuliah yang berbau anyir aturan dulu, yaitu Hukum pranata pembangunan. Mata kuliah ini bergotong-royong ialah mata kuliah yang dipelajari pada semester 5. Kamu bisa mengambil mata kuliah ini jikalau mempnyai SKS yang lebih. Namun jikalau tidak, maka bisa diambil ketika semester 5.

Kelas ini membahas mengenai peraturan-peraturan terkait pembangunan, baik dalam bentuk UU, Peraturan Pemerintah, Peraturan Menteri, dan sebagainya. Tugas yang diberikan oleh dosen ialah menciptakan modul terkait peraturan pembangunan. Saat itu kami menciptakan modul dengan tebal hampir mencapai 1000 halaman.

Tugas lainnya ialah mencari kasus terkait dilema AMDAL (Analisis Dampak Lingkungan) di kota Kendari. Saya bersama teman kelompok ketika itu menentukan untuk menganalisis imbas kebisingan PLTD Wua-Wua terhadap warga sekitar. Tugas ini disajikan dalam bentuk makalah dan presentasi.

2.    Utilitas

Kali ini saya akan kembali mereview mata kuliah yang telah saya lalui dalam perkuliahan Ar Mata Kuliah Semester 3 Arsitektur UHO


Di Utilitas kita mempelajari perihal segala perlengkapan yang diharapkan oleh suatu bangunan semoga sanggup dihuni. Mulai dari sistem plumbing (perpipaan),keamanan banguan,sistem penghawaan buatan, sistem transportasi pada bangunan,  sistem komunikasi bangunan, dan sebagainya.

Di mata kuliah ini kami diberi kiprah  membuat laporan mengenai sistem drainase, persampahan, dan sistem penyediaan air higienis di Universitas Haluoleo. Prosesnya sendiri dilakukan melalui survey pada seluruh gedung fakultas UHO yang dibagi menurut kelompok.

3.    Ekonomi Teknik

Sesuai dengan namanya, kelas ini tidak jauh jauh dari pembahasan mengenai uang. Materi yang dipelajari sanggup berupa Bunga, Investasi, dan sebagainya. Kegiatan perkuliahan lebih banyak diisi dengan kiprah presentasi dan makalah.

4.    Perancangan Tapak

Kali ini saya akan kembali mereview mata kuliah yang telah saya lalui dalam perkuliahan Ar Mata Kuliah Semester 3 Arsitektur UHO
credit : Restika Fadila Yasir

Apa yang kau pikirkan ketika mendengar kata tapak? Tapak ialah lahan untuk membangun sebuah bangunan atau kawasan dimana bangunan akan berdiri.  Nah, sebelum mendirikan bangunan, hal pertama yang harus dilakukan ialah mensurvey lahan yang akan digunakan. Nantinya kondisi lahan ini akan turut mensugesti desain dan perletakan bangunan pada tapak.

Di kelas ini tugasnya tidak banyak namun berkelanjutan. Banyak proses ACC yang akan kau jalani semoga kiprah yang kau buat lebih tepat dan menghidari kesalahan. Inti dari mata kuliah ini ialah kita harus bisa menganalisis kondisi suatu tapak baik dari segi arah pergerakan matahari, angin, topografi, view, vegetasi, kebisingan(noise), sirkulasi dan penzoningan. Terahir, kau akan diminta untuk menawarkan jawaban desain. 

seperti kebanyakan mata kuliah lainnya, Perancangan dibagi menjadi dua sesi dengan 2 dosen berbeda. Sesi pertama kita fokus memakai teknik manual dalam menggambar, sementara sesi kedua mulai memakai teknik digital. 

Penting untuk kalian menguasai aplikasi CorelDraw atau Adobe Ilustrator jikalau ingin lulus mata kuliah ini dengan skor yang bagus.

5.    Asas Perancangan Arsitektur 2

Mata kuliah selanjutnya ialah asas 2. Menurut saya, mata kuliah ini ialah salah satu mata kuliah paling menarik dan menantang di semester 3.  Matkul ini ialah kelanjutan dari Asas perancangan Arsitektur 1 di semester 2 lalu.  Disini kita fokus kepada kaidah-kaidah dalam merancang. 

Mata kuliah ini cukup padat akan kiprah tugas menarik yang akan membuatmu banyak melaksanakan survey lapangan. Kebanyakan kiprah yang diberikan ialah kelompok meskipun tak sedikit juga kiprah individu. Sebagai contoh, kelompok saya menerima kiprah menganalisis kebutuhan jalur pedestrian di F.Teknik UHO.

Di mata kuliah ini juga sedikit dibahas mengenai psikologi yang berkaitan dengan arsitektur, tipologi arsitektur, dan sebagainya.

6.    Sejarah Arsitektur 2

Kali ini saya akan kembali mereview mata kuliah yang telah saya lalui dalam perkuliahan Ar Mata Kuliah Semester 3 Arsitektur UHO

Jika di sejarah arsitektur 1 kita berguru perihal arsitektur tradisional, maka di semester ini kita berguru mengenai arsitektur klasik dan moderen. Tugasnya kebanyakan diisi dengan presentasi kelompok dan makalah. 

Di kelas ini kita akan diajak menjelajahi banyak sekali karya arsitektur klasik dan moderen dan mengetahui ciri khas dari tiap-tiap jenis arsitektur tersebut, mulai dari Arsitektur Yunani, Romawi, bizantium,gotik, dan masih banyak lagi.

7.    Sturuktur dan Konstruksi Bangunan 2

Mata kuliah yang fokus kepada struktur bangunan ini juga merupakan kelanjutan dari semester sebelumnya (SKB 1). Ada dua jenis bangunan yang dibuat, yaitu banguanan villa dari kayu dan kantor dari kerikil bata.

Jika pada SKB 1 kita fokus ke bangunan 1 lantai, di SKB 2 kita mulai menggambar bangunan 2 lantai. Bangunan 2 lantai tentu mempunyai struktur yang berbeda dari bangunan 1 lantai. Perbedaan itu sanggup dilihat dari ukuran Sloof, kolom dan balok. Di kelas ini kita masih menggambar secara manual memakai pensil dan antek-anteknya.

Dosen akan banyak memberi klarifikasi mengenai struktur bangunan 2 lantai secara menyeluruh. Baik dari segi dimensi kolom, balok, penulangan, dan sebagainya.
Penting : As you know, mata kuliah SKB ialah mata kuliah yang menuntut konsentrasi dan waktu yang banyak. Jadi, jangan pernah berani untuk menunda mengerjakan tugas

8.    Studio Perancangan Arsitektur 1 

SPA ini sanggup dikatakan sebagai mata kuliah paling penting di perkuliahan Arsitektur. Di mata kuliahi ini kita mulai menyusun yang namanya konsep sebelum mulai menciptakan kelengkapan gambar kerja.

Dosen kami ketika itu memberi kiprah utama perihal Rumah tinggal moderen tropis. Tuntutan yang diberikan ialah mendesain rumah tinggal 2 lantai pada lahan seluas 30x45 meter. Dengan luas menyerupai itu, maka bangunannya pun tidak mengecewakan besar. 


Kami melalui beberapa kali acc untuk memperoleh rencana desain yang baik. Di simpulan perkuliahan kami diminta untuk melaksanakan presentasi di depan dosen dan kelas mengenai desain yang telah dibuat.

Di SPA, aspek struktur tidak terlalu ditekankan.  Sebab struktur akan lebih didalami dalam SKB. SPA lebih fokus kepada konsep ruang dan tampilan bangunan yang akan dibuat.
9.    Computer Aided Architectural Design 1 (CAAD 1)

Kali ini saya akan kembali mereview mata kuliah yang telah saya lalui dalam perkuliahan Ar Mata Kuliah Semester 3 Arsitektur UHO

Di zaman yang serba komputer ini kita dituntut untuk sanggup memakai banyak sekali Program aplikasi yang diharapkan dalam banyak sekali bidang kehidupan. Tak terkecuali dengan dunia arsitektur. Banyak aplikasi yang perlu kita kuasai untuk menunjang segala acara kita dalam menyajikan sebuah desain.

Salah satu aplikasi tersebut ialah AutoCAD yang akan dipelajari di mata kuliah ini. AutoCAD ialah aplikasi untuk menggambar baik 2D maupun 3D yang dikembangkan oleh perusahaan Autodesk. Untuk semester ini fokusnya memang masih di 2D dengan memakai pos jaga sebagai materi latihan.

Sangat penting untuk kau berguru dari kini cara memakai aplikasi ini semoga kau tidak keteteran dan kaku ketika mulai memasuki semester 3. Senarnya kau bisa berguru secara belajar sendiri melalu video yang banyak bertebaran di youtube. Cara ini akan menciptakan kau lebih siap dalam menghadapi kelas ini.

Untuk kiprah besarnya, kami diberi kiprah menggambar bangunan rumah tinggal 2 lantai pada lahan 8x15 meter. Dengan beberapa kali ACC, gambar yang kami kumpul terdiri dari Denah, potongan, tampak, beberapa rencana dan detail.

Gambar diatas ialah skema kiprah besar yang saya buat dengan memakai AutoCAD versi 2015. 

Beberapa kiprah diatas mungkin akan berbeda ketika kau mulai memasuki semester tiga. Hal ini masuk akal mengingat dosen suatu matakuliah tidak hanya satu orang. Namun, saya harap klarifikasi diatas sanggup memberi seikit citra mengenai apa yang akan kau hadapi di semester tiga. 

Good luck.

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Mata Kuliah Semester 3 Arsitektur Uho"

Posting Komentar